Beredar Video Detik-Detik Sebelum Gempa Bumi Mengguncang Ishikawa, Terungkap Sistem Peringatan Dini Bencana di Jepang, Begini Mekanismenya

Wednesday, 3 January 2024
Beredar Video Detik-Detik Sebelum Gempa Bumi Mengguncang Ishikawa, Terungkap Sistem Peringatan Dini Bencana di Jepang, Begini Mekanismenya
Beredar Video Detik-Detik Sebelum Gempa Bumi Mengguncang Ishikawa, Terungkap Sistem Peringatan Dini Bencana di Jepang, Begini Mekanismenya

JemberNetwork.com - Jepang masih menjadi sorotan publik hingga saat ini, usai gempa bumi 7,6 SR mengguncang Prefektur Ishikawa disertai dengan hantaman tsunami 1.2 meter pada hari Senin, 1 Januari 2024 kemarin.

NHK World Japan melaporkan kondisi pasca gempa bumi yang memporak-porandakan rumah-rumah warga dan juga sebagian besar jalan di Prefektur Ishikawa tidak dapat dilewati pasca gempa.

Sebelumnya, beredar video di media sosial yang menunjukkan bangunan-bangunan bergoncang hebat saat Prefektur Ishikawa diguncang gempa. Tampak warga juga terlihat tidak begitu panik namun sigap dan segera berlindung ketika gempa berlangsung.

 Baca Juga: Liburan Akhir Tahun ke Jepang, Enzy Storia dan Jessica Mila Ungkap Kondisi Saat Gempa Melanda Ishikawa

Selain itu, warga Jepang juga dengan tertib meninggalkan rumah mereka dan menuju ke tempat yang lebih tinggi ketika muncul peringatan tsunami, dan ada pula yang mengungsi sementara ke tempat yang disediakan sesuai arahan pemerintah.

Tak hanya itu, baru-baru ini juga beredar video yang menunjukkan early warning sistem atau mekanisme peringatan dini yang sangat canggih, sehingga warga Jepang bisa menyelamatkan diri sebelum terjadi bencana.

Dilansir dari akun Twitter @LSF_Forwarder, tampak video yang menunjukkan early warning sistem yang diberikan beberapa menit sebelum terjadi gempa sehingga warga Jepang bisa waspada dan bersiap-siap menyelamatkan diri sebelum gempa bumi terjadi.

Baca Juga: Gempa Bumi 5.9 SR Guncang Banten Terasa Hingga Bandung, BMKG Ungkap Penyebab dan Beri Penjelasan Soal Potensi Tsunami, Begini Kondisinya

"Shiori, Japan, Magnitude 7.4 Earthquake Hits Niigata, Japan, Making Streamer Escape Room," tulis akun tersebut yang menunjukkan seseorang yang menunjukkan notifikasi dari handphone, detik-detik sebelum terjadi gempa bumi.

Dalam video yang beredar, early warning sistem diberitahukan ke handphone masing-masing warga di Jepang yang memunculkan suara sirine keras untuk memperingatkan tanda bahaya, akan ada bencana yang akan terjadi dalam beberapa menit kemudian.

Setelah menerima notifikasi dini, tampak warga Jepang dalam video bersiap meninggalkan rumah untuk mengurangi resiko tertimpa reruntuhan bangunan. Ada pula warga yang berada dalam gedung yang menggunakan meja yang kokoh untuk berlindung setelah menerima notifikasi gempa sebagai upaya penyelamatan dini.

Baca Juga: Kabar Duka, Jepang Porak Poranda Setelah Diguncang Gempa Bumi 7.6 SR hingga Muncul Hantaman Tsunami, Begini Kondisinya

Sistem peringatan dini bencana gempa ini menjadi sorotan warganet dan menjadi perbincangan hangat di media sosial. Video early warning system Jepang pun viral dan trending di Twitter yang ditonton lebih dari 6,5 juta kali.

Netizen mengapresiasi sistem peringatan dini di Jepang yang canggih. Tak sedikit pula warganet yang penasaran bagaimana mekanisme penyaluran informasi untuk memberi peringatan sebelum bencana gempa dan tsunami melanda Jepang.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: jember.jatimnetwork.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini