Alasan Satpol PP Solo Tak Bubarkan Ribuan Jemaah Haul Habib Ali

Alasan Satpol PP Solo Tak Bubarkan Ribuan Jemaah Haul Habib Ali
Para jemaahmenghadiri kegiatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Solo. FOTO: Tara Wahyu

SOLO-Ribuan orang dari berbagai daerah berdatangan ke Solo untuk menghadiri kegiatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, Kamis (25/11/2021). Mereka memadati kawasan sekitar Masjid Riyadh yang menjadi lokasi penyelenggaraan acara tersebut.

Padahal, penyelenggara sudah mengumumkan bahwa kegiatan haul pada tahun ini hanya diselenggarakan untuk kalangan internal.

Kepala Satpol PP Kota Solo, Arif Darmawan mengatakan bahwa pihaknya tidak membubarkan kerumunan yang timbul lantaran banyaknya massa yang yang berkumpul itu.

Dia beralasan para jemaah itu sudah datang dari jauh lantaran menerima informasi yang salah mengenai kegiatan itu.

"Mereka mendengar kabar bahwa keluarga menggelar acara haul itu," kata Arif Darmawan saat dihubungi. Padahal, penyelenggara hanya menggelar kegiatan itu untuk internal keluarga dan hanya memperoleh izin untuk dihadiri 250 orang.

Menurut Arif, pihaknya juga kesulitan untuk melarang masyarakat untuk hadir di sekitar lokasi acara. "Karena kegiatan itu sudah rutin digelar setiap tahun. Orang-orang sudah hafal (jadwalnya)," kata dia.

Meski tidak membubarkan, pihaknya tetap berupaya mengurai dengan memberikan imbauan kepada jemaah untuk mempercepat doanya dalam acara itu. "Agar tidak terjadi penumpukan," katanya.

Pihaknya juga berusaha melakukan penyekatan di beberapa titik agar jemaah yang masih berada di perjalanan bisa membatalkan niatnya untuk menghadiri kegiatan itu.

Sebelumnya, penyelenggara Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi telah mengumumkan bahwa acara pada tahun ini hanya akan diperuntukkan bagi kalangan internal. Sedangkan masyarakat luas bisa mengikuti acara tersebut dari rumah masing-masing secara daring.

Pengumuman itu diedarkan melalui sebuah video yang diunggah di channel Youtube milik Masjid Riyadh Solo. Video itu juga diunggah ulang oleh akun Instagram @polrestasurakarta.

(Tara Wahyu)

Artikel Asli
Dipublikasikan pada 25 Nov 2021 20:20 PM
Sumber: kumparan.com
IndonesiaToday merupakan situs agregator berita yang mengambil informasi dari berbagai sumber berita terpercaya dan menampilkannya dalam satu situs. Semua informasi yang ditampilkan adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis berita (sumber).
Komentar
Rekomendasi untuk Anda
Paling banyak dibaca hari ini