Aksi Vandalisme Di Taman Segita Kota Manggar Beltim

Tuesday, 19 December 2023
Aksi Vandalisme Di Taman Segita Kota Manggar Beltim
Aksi Vandalisme Di Taman Segita Kota Manggar Beltim

indonesiatoday.co.id - Beltim – Aksi vandalisme masih sering terjadi di taman-taman yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Pertanahan dan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRP2RKP) Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Kali ini lampu penerangan taman yang jadi sasarannya.

Aksi iseng tersebut acap kali dilakukan di ruang publik di Pantai Teropong Desa Lalang Kecamatan Manggar, Taman Segita Kota Manggar, Taman Desa Mengkubang Kecamatan Damar, hingga Taman Segi Tiga Desa Mentawak Kecamatan Kelapa Kampit.

Kepala DPUPRP2RKP Idwan Fikri melalui Kepala Bidang Cipta Karya Lukman sangat menyesalkan aksi yang dilakukan.

Lukman mengungkapkan," keisengan yang dilakukan berupa mengutak-katik pengatur waktu, melepas lampu hingga menembak lampu dengan senapan angin. Paling sering terjadi di Pantai Teropong, Taman di Damar dan Taman Segi tiga Kelapa Kampit. Yang paling parah di Kampit itu, lampu ditarik dan yang lampu sorotnya ditembak,” ungkap Lukman di ruang kerjanya, Selasa (19/12/23).

Lukman menduga aksi yang dilakukan lebih karena tidak ingin tempat mangkal orang iseng tersebut jadi lebih terang. Mengingat di lokasi-lokasi tersebut sering dijadikan tempat pacaran, minum-minuman keras hingga aksi kenakalan lainnya.
Meski belum bisa dikatakan sebagai aksi kriminal, namun aksi tersebut cukup merepotkan petugas dari DPUPRP2RKP. Mengingat aksi ini rutin terjadi dua hingga tiga bulan sekali.

“Kalau kerugian materi memang tidak banyak. Namun ini nambah kerjaan kami karena harus memperbaiki lampu-lampu yang dirusak,” kata Lukman.

Untuk memperkecil terjadi aksi yang sama Bidang Cipta Karya sudah meminta bantuan kepada pihak Pemerintah Desa dan Kecamatan untuk sama-sama menjaga keindahan taman dan aset yang ada.
“Kita sudah mengirimkan surat ke Desa dan Kecamatan. Kita juga minta masyarakat untuk sama-sama menjaga, mencegah terjadinya aksi pengerusakan sehingga taman-taman kita tetap indah,” ujar Lukman. @2!

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: infolintar.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini