Akhirnya Sinyal Pesawat Wakil Presiden Malawi yang Hilang Kontak Ditemukan, Jatuh di Wilayah Selatan Mzuzu

Tuesday, 11 June 2024
Akhirnya Sinyal Pesawat Wakil Presiden Malawi yang Hilang Kontak Ditemukan, Jatuh di Wilayah Selatan Mzuzu
Akhirnya Sinyal Pesawat Wakil Presiden Malawi yang Hilang Kontak Ditemukan, Jatuh di Wilayah Selatan Mzuzu



INDONESIATODAY.CO.ID  – Usai dilaporkan hilang kontak, sinyal telekomunikasi pesawat militer yang ditumpangi Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima ditemukan, pada Senin (11/6/2024).


Menurut laporan yang dirilis Presiden Malawi Lazarus Chakwera, sinyal telekomunikasi pesawat yang ditumpangi Wakil Presiden Malawi berada dalam radius 10 kilometer dari Riaply, sebuah perusahaan penggilingan kayu di negara miskin di Afrika bagian selatan yang terletak di selatan Mzuzu.


Untuk mempercepat operasi pencarian dan penyelamatan segera, Presiden Malawi, Lazarus Chakwera menerjunkan pasukan tentara Malawi untuk menyusuri hutan pegunungan di wilayah utara yang saat ini menjadi lokasi fokus operasi pencarian dan penyelamatan.



“Saya telah memberikan perintah tegas bahwa operasi harus dilanjutkan sampai pesawat ditemukan,” kata Chakwera.



Tak hanya itu pihaknya juga turut menghubungi pemerintah berbagai negara termasuk AS, Inggris, Norwegia dan Israel, yang menawarkan dukungan untuk mencari pesawat yang hilang dengan teknologi khusus, sebagaimana dikutip dari AFP News.


"Sejauh ini semua upaya otoritas penerbangan dilakukan untuk kontak dengan pesawat sejak hilang dari radar," Ujar pernyataan Presiden Chakwera.


Kantor presiden Malawi mengatakan pesawat yang ditumpangi Wakil Presiden Saulos Chilima beserta mantan Ibu Negara Malawi, Shanil Dzimbiri dan delapan orang lainnya dinyatakan hilang dari radar setelah meninggalkan ibu negara Afrika bagian selatan, Lilongwe, pada Senin pagi pukul 09.17 waktu setempat.


Pesawat itu kabarnya akan melakukan perjalanan menuju ke kota Mzuzu untuk menghadiri pemakaman mantan menteri kabinet Ralph Kasambara di desa Chijere, sebelah timur Mzuzu.



Namun ketika pesawat terbang sejauh 370 kilometer (230 mil), pilot melaporkan bahwa pihaknya tidak dapat mendaratkan pesawat karena jarak pandang yang buruk akibat cuaca ekstrem. Terlebih beberapa hari terakhir wilayah Malawi terutama bagian utara sedang dilanda hujan lebat.


Tak lama setelah pilot gagal melakukan pendaratan, otoritas penerbangan menyarankan pesawat mereka untuk kembali ke Lilongwe. Tetapi pihak berwenang kehilangan kontak dengan pesawat tersebut dan keberadaan pesawat yang ditumpangi Wakil Presiden Malawi Saulos seketika hilang dari pantauan radar.


"Setibanya di Mzuzu, pilot tidak dapat mendaratkan pesawat karena jarak pandang yang buruk akibat cuaca buruk, dan otoritas penerbangan menyarankan pesawat mereka untuk kembali ke Lilongwe, namun pihak berwenang segera kehilangan kontak dengan pesawat tersebut," kata Presiden Malawi Lazarus Chakwera.



Belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam insiden ini, akan tetapi Chakwera pun berjanji akan mengerahkan segala sumber daya untuk menemukan pesawat tersebut tanpa memutuskan harapan bahwa semua penumpang akan selamat.


Selama proses pencarian berlangsung, Chakwera meminta warga Malawi untuk mendoakan semua penumpang dan keluarga mereka.


Sebagai informasi, Saulos Chilima telah menjadi wakil presiden sejak tahun 2020.


Dia adalah kandidat pada pemilihan presiden Malawi 2019 dan menempati posisi ketiga. Sayangnya pemungutan suara tersebut dimenangkan oleh petahana Peter Mutharika, namun dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi Malawi karena adanya kejanggalan.


Chakwera menempati posisi kedua dalam pemilihan itu, Chilima kemudian bergabung dengan kampanye Chakwera sebagai pasangannya dalam pemilihan ulang bersejarah pada tahun 2020, ketika Chakwera terpilih sebagai presiden


Sumber: Tribunnews

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini