Abaikan Persetujuan Kongres, Pemerintah Joe Biden Tingkatkan Penjualan Senjata Darurat ke Israel

Monday, 1 January 2024
Abaikan Persetujuan Kongres, Pemerintah Joe Biden Tingkatkan Penjualan Senjata Darurat ke Israel
Abaikan Persetujuan Kongres, Pemerintah Joe Biden Tingkatkan Penjualan Senjata Darurat ke Israel

indonesiatoday.co.id - Pemerintahan AS Joe Biden semakin meningkatkan dukungan militernya ke Israel meski menabrak berbagai aturan.

Pada bulan ini, untuk kedua kalinya pemerintah AS mengabaikan persetujuan Kongres untuk penjualan senjata darurat ke Israel.

Pengabaian ini dilakukan di tengah semakin meningkatnya pembunuhan oleh tentara Israel atas penduduk Palestina yang berada di Jalur Gaza.

Baca Juga: 3 Tempat Wisata Populer di Malang dan Cocok untuk Liburan Tahun 2024, Salah Satunya Bukit Jengkoang

Meski saat ini dunia meningkatkan tekanan pada negara zionis tersebut atas aksinya yang tak berperi kemanusiaan.

Kementerian Luar Negeri AS mengatakan pada Jumat lalu bahwa Menteri Luar Negeri Antony Blinken telah memberi tahu Kongres bahwa ia telah membuat penilaian darurat kedua.

Penilaian ini mencakup penjualan senilai $147,5 juta untuk peralatan, termasuk amunisi, bahan peledak muatan, dan peluncur.

Ini dibutuhkan untuk membuat proyektil 155 mm yang telah dibeli oleh Israel agar bekerja maksimal.

Baca Juga: 5 Cemilan yang Harus Ada Saat Nongkrong Bersama Teman di Malam Tahun Baru

"Dengan mempertimbangkan urgensi kebutuhan pertahanan Israel, sekretaris memberitahu Kongres bahwa ia telah menggunakan kewenangan yang diberikan kepadanya untuk menentukan bahwa ada keadaan darurat yang memerlukan persetujuan transfer segera," kata kementerian tersebut.

"Amerika Serikat berkomitmen untuk keamanan Israel, dan sangat penting bagi kepentingan nasional AS untuk memastikan bahwa Israel dapat mempertahankan diri terhadap ancaman yang dihadapinya," lansir kementerian.

Penilaian darurat tersebut berarti pembelian tersebut akan mengabaikan persyaratan tinjauan kongres untuk penjualan militer asing. 

Penilaian seperti ini jarang terjadi, tetapi tidak luar biasa, ketika pemerintahan melihat kebutuhan mendesak untuk memberikan senjata tanpa menunggu persetujuan dari para legislator.

Baca Juga: Inilah 7 Ide Menu Hidangan Tahun Baru Sederhana Tak Perlu Mewah dan Rumit, Menghadirkan Kebersamaan Hangat

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: strategi.id

Komentar

Artikel Terkait

Terkini