9 Fakta Unik Piala Dunia Qatar 2022: Pesta Sepak Bola Termahal Tanpa Ratu Elizabeth II

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


9 Fakta Unik Piala Dunia Qatar 2022: Pesta Sepak Bola Termahal Tanpa Ratu Elizabeth II

INDONESIATODAY.CO.ID - Perhelatan Piala Dunia Qatar 2022 tinggal menghitung hari. Kompetisi sepak bola paling bergengsi Piala Dunia ini pertama kalinya dalam sejarah akan diadakan di Timur Tengah.

Sebanyak 32 tim bakal berpartisipasi di turnamen yang berlangsung mulai 20 November hingga 18 Desember mendatang. Pesta sepak bola dunia ini begitu spesial karena menyimpan banyak fakta unik.

Fakta Piala Dunia Qatar 2022

Pintu masuk utama dengan tanda Piala Dunia dengan "La'eeb", Maskot Resmi untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022, terlihat di Villaggio Mall di Doha, Qatar (REUTERS/Amr Abdallah Dalsh)

Fakta unik Piala Dunia Qatar 2022 wajib diketahui, apalagi bagi kamu pecinta sepak bola. Penasaran apa saja fakta unik ya? Berikut ulasannya yang dirangkum Indozone khusus untukmu! 

Baca Juga:

3 Negara yang Pakai Pemain Naturalisasi Terbanyak di Piala Dunia 2022

5 Tim Unggulan yang Diprediksi Bakal Gagal Total di Piala Dunia 2022

Ngarep Tampil di Piala Dunia 2022, Erling Haaland Jagokan 4 Negara

1. Piala Dunia TermahalPenggemar sepak bola Brasil Jarbas Carlini, yang membuat replika trofi Piala Dunia FIFA, berpose di rumahnya di Rio de Janeiro, Brasil, 18 November 2022 (REUTERS/Ricardo Moraes)

Piala Dunia Qatar menjadi yang termahal sepanjang sejarah. Menurut perkiraan, tuan rumah Qatar menghabiskan 200 miliar dolar AS untuk proyek infrastruktur jelang piala dunia.

Proyek itu meliputi pembangunan stadion, jalan, hotel, dan sebagainya. Karena itulah, Piala Dunia Qatar menjadi salah satu kompetisi sepak bola termahal dalam sejarah.

2. Diadakan saat Musim DinginPratinjau Piala Dunia FIFA Qatar 2022, Doha, Qatar (REUTERS/Pedro Nunes)

Kompetisi piala dunia umumnya diadakan sejak Juni hingga Juli. Namun, kali ini, Piala Dunia akan digelar pada November dan Desember. Alasannya karena faktor cuaca. 

Qatar adalah negara yang biasanya dihantam gelombang panas pada bulan Juni dan Juli. 

Baca juga: Fakta Menarik La’eeb, Maskot Piala Dunia 2022 yang Disebut Mirip Casper

Suhu bisa mencapai 40 hingga 50 derajat selama periode tersebut.Jadi, demi membuat pertandingan berjalan dengan baik dan kondisi pemain tetap prima, Piala Dunia Qatar dijadwal ulang ke November dan Desember. 

3. Negara Asia Kedua yang Jadi Tuan RumahBendera terlihat di pasar Souq Waqif jelang Piala Dunia FIFA Qatar 2022 (REUTERS/Pedro Nunes)

Qatar menjadi negara Asia kedua yang menjadi tuan rumah piala dunia . Sebelumnya pada tahun 2002, Korea Selatan dan Jepang juga pernah menjadi tuan rumah bagi acara bergengsi ini.

4. Jumlah Stadion Paling SedikitFans memegang bendera Arab Saudi di Souq Waqif menjelang Piala Dunia FIFA Qatar 2022 (REUTERS/Hamad I Mohammed)

Hanya delapan venue yang disiapkan Qatar untuk menjadi tuan rumah turnamen 2022, yang merupakan jumlah terendah untuk Piala Dunia dalam beberapa tahun terakhir.

Faktanya, dari delapan venue yang dipilih untuk menjadi tuan rumah turnamen, hanya satu yang direnovasi total. Sementara tujuh lainnya dibangun dari awal.

5. Stadion Pakai AC TerpusatOrang-orang berfoto di Souq Waqif menjelang Piala Dunia FIFA Qatar 2022 (REUTERS/Hamad I Mohammed)

Qatar memiliki suhunya yang tinggi di siang hari. Karena alasan tersebut, negara ini telah melengkapi seluruh stadion dengan AC yang terpusat. Hal ini akan memberi pengalaman batu bagi penonton dan pemain.

6. Piala Dunia Paling RingkasPenggemar Maroko di pasar Souq Waqif jelang Piala Dunia FIFA Qatar 2022 (REUTERS/Pedro Nunes)

Sebanyak delapan stadion di Qatar berada dalam radius 60 kilometer. Ini menjadikannya sebagai lokasi Piala Dunia paling sempit yang pernah ada.

Para penggemar dapat mencapai dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu kurang dari 90 menit. 

7. Jumlah PengunjungOrang-orang mengantre metro jelang Piala Dunia FIFA Qatar 2022 (REUTERS/Pedro Nunes)

Seperti dilansir dari fifaworldcupmania.com, Piala Dunia 2022 diperkirakan akan mengukir rekor jumlah pengunjung di akhir kompetisi. Diprediksi akan ada lebih dari 1,5 juta penonton dari seluruh dunia akan memasuki Qatar selama Piala Dunia FIFA.

Hal ini disebabkan lokasi geografis Qatar yang mudah diakses oleh banyak negara dan mudahnya mendapatkan visa serta harga tiket pesawat yang terbilang murah.

Baca juga: Piala Dunia 2022 di Depan Mata, Wapres Ma’ruf Amin Prediksi 6 Tim Calon Kuat Juara

8. Tuan Rumah dengan Penduduk Paling RamahFans Argentina menari dalam konser di Doha menjelang Piala Dunia FIFA Qatar 2022 (REUTERS/Pedro Nunes)

Qatar sangat dikenal dengan keramahan budaya Arab yang murah hati dan terus mengesankan para pendatang. Setiap hotel, taman umum, atau bahkan pusat perbelanjaan di Qatar telah dirancang dengan mengutamakan kenyaman dan kemudahan.

Sehingga diyakini penggemar sepak bola atau pengunjung akan menerima keramahan yang begitu besar selama turnamen berlangsung.

9. Piala Dunia Pertama tanpa Ratu Elizabeth IIPemain Belgia Dries Mertens tiba di Doha jelang Piala Dunia FIFA Qatar 2022 (REUTERS/Amr Abdallah Dalsh)

Ratu Elizabeth II lahir pada tahun 1926 dan Piala Dunia FIFA dimulai pada 1930. Ratu memiliki hubungan dekat dengan Piala Dunia karena selalu ada sejak pertama kali bergulir.

Setelah Ratu Elizabeth II wafat pada 8 September 2022, maka kompetisi di Qatar menjadi Piala Dunia pertama tanpa Ratu Elizabeth II.

@fottballife

Fakta Unik seputar piala Dunia Qatar 2022 #pialadunia2022qatar #worldcup #worldcup2022 #qatar #part1

? suara asli - Footballife - Footballife

Artikel Menarik Lainnya: 

Timnas Portugal Tiba di Qatar, Tengok Senyum Tipis Cristiano Ronaldo Piala Dunia 2022 di Depan Mata, Wapres Ma’ruf Amin Prediksi 6 Tim Calon Kuat Juara 5 Teknologi dan Inovasi Sepak Bola di Piala Dunia 2022
Sumber : indozone.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini