8 Raja dan Ratu Terkaya di Dunia, Hartanya Bernilai Fantastis!

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


8 Raja dan Ratu Terkaya di Dunia, Hartanya Bernilai Fantastis!

Sistem monarki atau kerajaan merupakan bentuk pemerintahan yang masih banyak diterapkan di berbagai negara di belahan dunia ini. Lantas, siapa saja raja terkaya di dunia yang menerapkan sistem monarki tersebut?

Monarki atau kerajaan merupakan sistem pemerintahan yang tertua di dunia. Kekuasaan dalam kerajaan biasanya berlangsung sepanjang hidup sang raja, ratu, atau kaisar. Kemudian, nantinya akan digantikan oleh penerus yang berasal dari keluarga kerajaan juga.

Semua hal yang berkaitan tentang keluarga kerajaan selalu menyita perhatian banyak orang. Mulai dari perebutan kekuasan, gaya hidup mewah, istana megah, hingga kehidupan pribadi setiap anggota kerajaan.

Tak sedikit pula yang penasaran dan ingin mengetahui kekayaan keluarga kerajaan yang ada di dunia ini. Tak heran, pembahasan tentang siapa raja terkaya di dunia kerap kali mewarnai pemberitaan. 

Seperti dikutip dari Go Bangking Rates dan South China Morning Post (SCMP), sejumlah raja paling tajir di jagat bumi ini memiliki harta melimpah mencapai miliaran hingga triliunan dolar AS. Siapa saja mereka?

8 Raja Terkaya di Dunia 

Biar enggak penasaran, berikut ini adalah daftar raja terkaya di dunia dimulai dari urutan paling atas: 

1. Maha Vajiralongkorn (Thailand) Raja Terkaya di Dunia

Maha Vajiralongkorn Raja Terkaya di Dunia (Instagram)

Sejak tahun 2016, Raja Maha Vajiralongkorn atau Rama X menjadi raja di Thailand setelah kematian sang ayah, Raja Bhumibol Adulyadej.

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn tercatat sebagai raja terkaya di dunia dengan aset saat ini bernilai hingga US$45 miliar pada Januari 2021. Sebagian kekayaan raja yang dimahkotai di Thailand pada Mei 2019 lalu berasal dari 23 persen sahamnya di Siam Commercial Bank, salah satu pemberi pinjaman terbesar di Thailand.

Selain itu, kekayaannya juga berasal dari Siam Cement Group, konglomerat industri terbesar di negara Lumbung Padi tersebut.

Artikel terkait: Pilu! Hal Ini Bikin Pangeran Thailand Berpisah dari Orangtua Sejak Kecil

2.  Hassanal Bolkiah (Brunei Darussalam)

Raja Hassanal Bolkiah (Instagram)

Memiliki kekayaan bersih hingga US$28 miliar, Sultan Hassanal Bokiah meraih sebagian besar kekayaannya dari cadangan minyak negara yang besar dan signifikan secara global. Hanya saja, mayoritas kekayaan yang dimiliki digunakan untuk operasional istananya dengan 1.788 kamar dan 5.000 kendaraan di dalamnya.

Artikel terkait: 7 Pangeran ganteng ini masih single, tak perlu sedih Pangeran Harry akan menikah

3. Raja Salman bin Abdulaziz (Arab Saudi) pun Menjadi Raja Terkaya di Dunia

Sumber gambar: Instagram

Raja Salman bin Abdulaziz yang mulai berkuasa di Arab Saudi pada 23 Januari 2015 menduduki posisi ketiga sebagai raja paling tajir di jagat raya dengan kekayaan mencapai US$20 miliar.

Sebagai seorang penguasa di negara minyak tersebut, Raja Salman menikmati sejumlah fasilitas raja, seperti kapal pesiar mewah seluas lapangan sepak bola. Bahkan, kotak tisu di kediaman pribadinya, Erga Palace disebut-sebut terbuat dari emas.

Sebelum naik takhta, dia dilaporkan menyewakan tiga resor di Maladewa dengan perkiraan biaya liburan US$30 juta. 

Di balik gaya hidup mewah yang melekat di diri pria 85 tahun itu, Raja Salman juga dikenal murah hati, terutama kepada rakyatnya. Setelah dinobatkan sebagai Raja Arab Saudi, putra Abdul Aziz bin Saud dan Hussa Ahmad Al-Sudayri itu pernah memberikan US$32 miliar. 

Artikel terkait: Tinggalkan Istri dan 2 Anak, Pangeran Arab Nawaf Bin Saad Meninggal Dunia

4. Khalifa bin Zayed Al Nahyan (UEA) 

Raja Khalifa bin Zayed Al Nahyan dari UEA (Instagram)

Sebagai penguasa turun-temurun Abu Dhabi, Sheikh Khalifa didapuk menjadi salah satu raja terkaya di muka bumi ini. Dengan kekayaan mencapai 15 miliar dollar AS, kekayaan keluarga ini sebagian besar berasal dari cadangan minyak Uni Emirat Arab.

Kepala keluarga, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan yang telah menjadi emir Abu Dhabi dan Presiden Arab Saudi sejak 2004 dan mengepalai Otoritas Investasi Abu Dhabi telah mengelola aset sebesar US$875 miliar. 

Termasuk, gedung pencakar langit, Burj Khalifa Dubai yang menjadi bangunan tertinggi di dunia.

5. Raja Mohammed VI (Maroko) 

Raja Mohammed VI dari Maroko (Instagram)

Setelah kematian ayahnya, Raja Maroko naik tahta pada Juli 1999. Saat ini, Raja Mohammed VI memiliki harta kekayaan bersih mencapai US$2,1 miliar. 

Mohammed VI diyakini menghabiskan US$1 juta sehari untuk mengoperasikan istana pribadinya. Mayoritas kekayaannya berasal dari pertambangan fosfat, pertanian, dan saham di perusahaan publik terbesar Maroko, Omnium Nord Africian (ONA).

6. Pangeran Albert (Monako)

Sumber gambar: Instagram

Pangeran Albert II memiliki sekitar seperempat tanah di Monako dan kekayaan bersih mencapai US$1 miliar dollar. 

Portofolio real estat-nya juga mencakup rumah masa kecil ibunya di daerah Philadelphia yang ia beli pada 2016 dengan harga US$754.000. Kekayaan besar Albert juga termasuk koleksi mobil antik, saham di resor Monte Carlo dan koleksi perangko mahal.

7. Raja Abdullah II (Yordania) 

Sumber gambar: Instagram

Raja Abdullah II memimpin Yordania ketika ayahnya meninggal dunia pada Februari 1999. 

Dengan kekayaan US$750 juta, Raja Abdullah II berinvestasi di taman hiburan Star Trek yang merupakan bagian dari Astrarium Laut Merah senilai US$1,55 miliar.

8. Ratu Elizabeth II (Inggris)

Sumber gambar: Instagram/@theroyalfamily

Ratu Elizabeth II menjadi keluarga kerajaan di dunia yang memiliki kekayaan terbesar dengan total kekayaan bersih sebesar US$600 juta. Sumber kekayaan ini berasal dari pariwisata, bisnis, dan sektor lainnya.

Sebagai anggota terkaya dari keluarga kerajaan Inggris serta yang paling lama memerintah dalam sejarah Inggris, Ratu Elizabeth II memiliki sebagian besar kekayaan bersih keluarga kerajaan Inggris berasal dari Crown Estate. 

Nilainya diperkirakan mencapai US$14,8 miliar ketika menambahkan bersama semua properti di Inggris.

Itulah 8 raja terkaya di dunia yang seluruh harta bendanya jika dijumlah mencapai angka fantastis.

 

Tak Hanya Menawan, 8 Artis Korea Ini Ternyata Keturunan Bangsawan

30 Nama bermakna pangeran dari berbagai bahasa untuk bayi Anda!

125 Nama bayi perempuan dari bahasa Arab terpopuler, mana pilihan Parents?

Sumber : theasianparent.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini