6 Cara Memakai Dasi Jas dengan Beragam Simpul yang Diinginkan

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


6 Cara Memakai Dasi Jas dengan Beragam Simpul yang Diinginkan

Bagi para pria, dasi adalah salah satu fashion item yang penting digunakan, baik untuk berpenampilan pada sebuah acara formal maupun acara yang bersifat nonformal. Namun, tahukah kamu bahwa cara memakai dasi jas bisa disesuaikan dengan keinginan? Beberapa orang menggunakan dasi dengan model yang disesuaikan dengan pakaian yang tengah digunakan. 

Cara Memakai Dasi Jas

Untuk menghasilkan dasi dengan model yang beragam, terdapat berbagai cara memakai dasi jas yang simpulnya bisa kamu sesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan kamu. Cara-cara untuk memakai dasi jas ini dapat kamu lakukan sendiri dengan praktis. Berikut sederet cara memakai dasi jas. 

1. Half Windsor Knot

Sumber: 101knots.com

Cara memakai dasi jas yang pertama adalah dengan membuat model Half Windsor Knot. Untuk mendapatkan model Half Windsor Knot, ada beberapa cara yang perlu kamu lakukan. Berikut cara memakai dasi jas model Half Windsor Knot. 

Pertama, lingkarilah dasi di kerah pakaian. Posisikan bagian ujung lebar di kanan tergantung ke paha dan bagian ujung tipis di sebelah kiri.  Selanjutnya, silangkan bagian ujung lebar di depan ujung tipis dari kanan ke kiri. Buatlah bentuk X di bawah dagu.  Lingkarkan bagian ujung lebar dasi secara horizontal di sekitar dan di belakang bagian ujung yang tipis.  Ambil ujung dasi bagian lebar dari atas dan melalui bukaan X, tarik dengan kencang. Lalu, pegang ujung bagian lebar dasi dengan tangan kanan dan bungkus di depan bagian atas ujung dasi yang tipis, lakukan dari arah kanan ke kiri.  Pertahankan bagian segitiga agar tetap utuh menggunakan tangan kiri dan bawalah bagian ujung lebar dasi ke arah dada dan dari belakang lingkaran. Lewati bagian atas X. Menggunakan jari telunjuk tangan kiri, kami dapat membuka bagian segitiga yang saat ini telah terbentuk di atas X, tarik bagian ujung sisi lebar sepenuhnya.  Bila ingin menyesuaikan panjangnya, tarik simpul dasi ke atas dan ke arah kerah sambil menarik bagian ujung tipis dasi ke bawah. 

Artikel terkait: 10 Cara Memakai Hijab Segi Empat, Bikin Tampilan Bunda Makin Menarik 

2. Four In Hand Knot

Sumber: 101knots.com

Bagi kamu yang menyukai model dasi yang simple, mungkin Four In Hand Knot ini bisa menjadi pilihan kamu. Berikut cara memakai dasi jas model Four In Hand Knot. 

Lingkarkan dasi ke bagian kerah pakaian. Bila sudah, tempatkan bagian ujung tebal di sebelah kiri sekitar 3 hingga 4 inci lebih rendah dari bagian ujung tipis dasi. Silangkan bagian ujung tebal di depan bagian ujung yang tipis.  Kemudian, balutkan bagian ujung tebal pada bagian belakang ujung tipis. Silangkan secara horizontal dari kanan ke kiri.  Bawa bagian ujung tebal secara horizontal melintasi bagian depan simpul dari kanan ke kiri. Selipkan jari pada bagian bawah pita horizontal.  Putar bagian ujung tebal dasi ke atas dan ke dalam, lalu geser ujung bawah lingkaran di sekeliling leher. Mulai masukkan ujung bagian tebal ke bawah melalui lubang yang telah kamu buka dengan jari.  Tarik bagian ujung tebal melewati loop dan pegang simpul dengan erat. Selanjutnya, kencangkan simpul dengan memegangnya lembut di satu tangan. Tarik bagian ujung tipis dasi.  3. Oriental Knot

Sumber: 101knots.com

Selain Four In Hand Knot, model dasi yang satu ini juga digolongkan sebagai model yang sederhana. Tak jarang beberapa orang menyebut model ini dengan sebutan simple knotIngin tahu cara memakai dasi jas dengan model Oriental Knot? Berikut cara-caranya. 

Letakkan dasi di leher dengan posisi yang terbalik yakni bagian luar berada di dalam. Lalu, letakkan bagian ujung dasi lebar di kanan dan bagian dasi yang tipis di kiri. Posisikan bagian ujung tebal diatas pusar atau kamu bisa sesuaikan panjang dasi tersebut.  Selanjutnya, simpangkan ujung tipis dasi di atas ujung lebar dasi, sehingga dasi membentuk huruf X. Bila sudah, bawa bagian ujung lebar dasi ke kanan. Setelah itu, naikkan bagian dasi tersebut dari bawah ke atas lingkaran simpul.  Masukkan dasi melalui lingkaran simpul dan tarik bagian ujung lebar dasi ke bawah untuk mengencangkan dasi. Geser simpul ke atas untuk menyesuaikan dengan kerapatan dasi yang diinginkan.  4. Kelvin Knot

Sumber: 101knots.com

Model yang satu ini memiliki ukuran yang sama dengan model Four In Hand Knot. Namun, pada model Kelvin Knot, sudut-sudut simpul lebih penuh dibandingkan model Four In Hand Knot. Untuk mendapatkan model Kelvin Knot, berikut cara-cara yang dapat kamu lakukan. 

Pertama, letakkan dasi di keran dengan posisi jahitan yang menghadap ke luar, bagian ujung tebal di sebelah kiri. Lalu gantung 2 hingga 3 inci lebih rendah dari posisi akhir yang diinginkan.  Silangkan bagian ujung tebal di bawah bagian ujung tipis dari kiri ke kanan, hingga membentuk huruf X di bawah dagu.  Bawa bagian ujung tebal kembali melintasi bagian depan simpul dari kanan ke kiri. Lalu, kamu dapat melanjutkan untuk membungkus sekitar bagian ujung tipis dan memberikan kembali dari arah kiri ke kanan di belakang simpul.  Kemudian, bawa bagian ujung tebal secara horizontal melintasi bagian depan simpul dari kanan ke kiri lagi. Selipkan hadi di bawah pita horizontal yang telah kamu buat.  Selipkan bagian ujung tebal ke atas di bawah lingkaran sekitar kerah pakaian. Lalu bawa ke bawah melalui lingkaran horizontal. Tarik ujung tebal melewati lingkaran horizontal, pasangkan simpul ke tempatnya.  Kencangkan ikatan dengan memegang simpul menggunakan satu tangan dan tarik dengan lembut bagian ujung yang sempit dengan tangan lainnya. 

Artikel terkait: 5 Cara Merawat Sepatu Sesuai dengan Bahannya, Jangan Keliru! 

5. Windsor Knot

Sumber: 101knots.com

Beberapa orang memilih model dasi yang satu ini untuk dipadukan dengan jas karena memberikan kesan yang elegan. Windsor Knot juga sangat cocok bila digunakan dengan kemeja berkerah lebar. Berikut cara untuk membuat model dasi Windsor Knot. 

Letakkan dasi mengelilingi leher. Salah satu ujung dasi harus lebih panjang dibandingkan ujung lainnya. Jangan lupa untuk memastikan ujung lebar berada di sisi kanan, dan sekitar 30 sentimeter lebih rendah dibandingkan dengan bagian ujung kecil di sisi kiri. Silangkan ujung lebar di atas ujung kecil, bawa dasi kamu ke atas melalui simpul dan ke bawah. Bagian ujung lebar dasi seharusnya berada di sisi kiri ujung kecil.  Tarik ujung lebar di bawah ujung kecil ke arah kanan, tarik melalui simpul kembali pada sisi kanan. Bagian ujung dasi yang lebar mengarah dari dalam keluar.  Silangkan bagian ujung lebar di atas ujung kecil lagi dari kanan ke kiri dan masukkan ke bawah simpul dasi. Lipat bagian ujung lebar tersebut melalui simpul dasi dan ikatan depan dasi.  Kencangkan ikatan menjadi bentuk segitiga menggunakan kedua tangan kamu. Secara perlahan kencangkan ujung kecil lebih dekat ke leher kamu.  Untuk tampilan dasi yang lebih modern dan casual, kamu dapat membuat ikatan beberapa sentimeter di bawah kerah baju. Namun, apabila hendak menghadiri acara formal akan lebih baik jarak dasi dengan kerah baju tidak terlalu jauh.  6. Cara Memakai Dasi Jas: Trinity

Sumber: ties.com

Cara memakai dasi jas yang terakhir adalah dengan model Trinity. Model Trinity merupakan model dasi yang cocok digunakan untuk acara-acara yang sifatnya formal.

Dasi dengan model seperti ini terinspirasi dari seni Celtic yang melambangkan simbol sebuah gaya. Ingin tahu cara membuat model Trinity untuk dasi? Berikut cara-caranya. 

Kalungkan dasi pada leher kamu, pastikan bagian ujung yang lebar berada pada sebelah kiri dan sedikit lebih panjang dibandingkan ujung lainnya.  Arahkan ekor dasi ke bagian kiri, lalu bawa ke belakang bagian lingkaran dasi. Mulailah bentuk simpul yang sederhana.  Lilitkan dasi pada lingkaran tersebut dengan mengarah ke bagian kiri.  Bawa bagian ekor dasi ke kanan melalui bagian belakang dan lilitkan kembali pada bagian kepala dasi. Tak sampai disitu, kamu perlu membawa kembali dasi ke kanan, dari bawah  ke atas.  Masukkan ujung dasi tersebut ke simpul terakhir sehingga ekor dasi berada di bagian depan. Bawa ke arah kiri dan sedikit arahkan ke belakang kepala dasi.  Arahkan sekali lagi ke atas, melewati simpul terakhir lalu lilitkan ekor dasi ke belakang. Terakhir, rapikan simpul dasi. 

Demikian informasi mengenai cara memakai dasi jas dengan model yang sesuai dengan keinginan kamu. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari tahu ragam model dasi ya! 

Sumber : theasianparent.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini