5 Negara Sukses Turunkan Kasus Covid-19, Termasuk Indonesia!

INDONESIA menjadi salah satu dari 5 negara yang sukses menurunkan angka lonjakan kasus Covid-19. Hal itu disampaikan Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito. 

"Negara-negara yang mampu mengendalikan lonjakan kasus. Setidaknya terdapat lima negara, termasuk Indonesia," Kata Wiku dalam konferensi pers resminya di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (25/11/21).

Prof Wiku

Selanjutnya Wiku menjelaskan, lima negara termasuk Indonesia yang berhasil menurunkan kasus secara signifikan dan dapat menurunkannya dalam jangka waktu yang cukup lama. Di antaranya;

1. India

Di India kasus COVID-19 turun hingga 97 persen dari puncak, dan penurunan ini bertahan hingga 201 hari. Jumlah mingguan saat ini yaitu 69.165, sebelumnya sebanyak 78.395 kasus perminggunya.

Baca Juga : Covid-19 di Eropa Meledak, Apakah Vaksin Booster Solusinya?

2. Filipina

Filipina berhasil menurunkan sebanyak 94,3 persen dari lonjakan. Hingga saat ini telah bertahan turun hingga 71 hari. Kasus mingguan di Filipina saat ini yaitu 8.342 dari sebelumnya mencapai 34.284.

3. Iran

Terjadi penurunan kasus hingga 71 persen di Iran dari puncak, bertahan hingga 100 hari terakhir. Saat ini kasus mingguan di angka 36.367, lebih rendah sebelum kasus lonjakan sebanyak 55.271.

Baca Juga : Muncul Varian Baru Botswana B.1.1.529, Hasil 32 Mutasi Virus Covid-19

4. Jepang

Selanjutnya adalah Jepang yang juga berhasil menekan angka COVID-19. Kasus COVID-19 telah berhasil turun sebanyak 99,5 persen dari puncak kasus selama 157 hari. Penurunannya sangat signifikan, kasus mingguan sebelumnya 9.986 turun menjadi 890.

5. Indonesia

Indonesia juga  mampu bersaing dengan keempat negara lainnya tersebut, yakni berhasil menurunkan sebanyak 99,5 persen. Kasus mingguan turun menjadi 2.564 sebelumnya mencapai 26.126 kasus per minggunya 

Wiku menuturkan, meskipun terjadi variasi startegi pengendalian kasus di negara tersebut, terdapat beberapa pembelajaran dari negara-negara ini yang dapat diambil agar kasus penurunan di Indonesia tetap dipertahankan.

"Serta kasus kenaikan yang terjadi di beberapa daerah, dapat segera dikendalikan," ujarnya.

Lebih lanjut, pembelajaran tersebut dapat diambil yaitu di antaranya, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), kebijakan ini diberlakukan di keempat negara tersebut. Meskipun dengan detail aturan yang berbeda-beda di setiap negara.

"Belajar dari India, pembelajaran aktivitas secara konsisten, meski kasus sudah turun. Pembatasan tersebut juga berlaku pada kegiatan perayaan, yakni mengatasi interaksi sosial," tuturnya.

Kemudian penyebab turunnya angka COVID-19 di kelima negara tersebut, salah satunya adalah peningkatan vaksinasi dosis cepat.

"Capaian dosis lengkap di Jepang bahkan sudah berhasil mencapai 70 persen dari populasi. Sementara Iran 50 persen. India dilakukan secara door to door," katanya.

1
2
  • #Cegah Lonjakan Kasus Covid-19
  • #Kasus COVID-19
  • #Covid-19
Artikel Asli
Dipublikasikan pada 25 Nov 2021 20:00 PM
Sumber: okezone.com
IndonesiaToday merupakan situs agregator berita yang mengambil informasi dari berbagai sumber berita terpercaya dan menampilkannya dalam satu situs. Semua informasi yang ditampilkan adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis berita (sumber).
Komentar
Rekomendasi untuk Anda
Paling banyak dibaca hari ini