5 Manfaat dan Cara Membuat Nasi Jagung Khas Madura, Lezat dan Gurih!

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


5 Manfaat dan Cara Membuat Nasi Jagung Khas Madura, Lezat dan Gurih!

Jagung merupakan salah satu bahan makanan pokok di Indonesia yang kerap diolah menjadi beragam hidangan. Salah satunya yang terkenal dan legendaris di Tanah Air adalah nasi jagung. 

Olahan jagung ini dikenal sebagai makanan tradisional yang kerap dijadikan sebagai makanan pokok seperti nasi putih biasa. Selain rasanya yang gurih, nasi jenis ini pun dinilai lebih sehat dari nasi biasa karena kaya akan vitamin, mineral, dan serat. 

Selain memiliki kandungan gizi yang terbilang tinggi, olahan jagung yang satu ini juga cocok untuk dikonsumsi oleh Parents yang sedang diet. Pasalnya, jagung dikenal sebagai makanan yang padat gizi tetapi rendah kalori. Sehingga, makanan ini cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet, yang tengah menghindari gluten, atau pun para penderita diabetes. 

Sejarah Nasi Jagung

Di Tanah Air, jagung banyak ditanam di daerah Madura serta pulau-pulau di Nusa Tenggara Timur (NTT). Bahan ini juga kerap dijadikan sumber makanan utama bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi. 

Melansir laman Kompas, berdasarkan jurnal dari Badan Litbang Pertanian, jagung sendiri merupakan makanan andalan masyarakat NTT dan Madura karena mudah ditanam dan cenderung memiliki harga murah

Nah, karena produksi jagung yang melimpah tersebut, masyarakat sana kemudian mengolah jagung sebagai pengganti beras. Dijadikan sumber makanan pokok, nasi jagung pun di sana dikonsumsi tiga kali sehari. Namun, ada juga masyarakat yang hanya mengonsumsi satu kali sehari, tergantung individu. 

Hingga saat ini, nasi jagung juga tidak hanya populer di dareah Madura dan NTT. Berbagai daerah Jawa lainnya di Indonesia seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah juga banyak yang menjadikan makanan ini sebagai hidangan pokok dengan ciri khas mereka masing-masing. 

Artikel terkait: 6 Fakta Menarik Jenang Kudus, Camilan Manis yang Legendaris

Beragam Manfaat Nasi Jagung Khas Madura yang Cocok untuk Diet

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, olahan jagung ini dinilai sehat dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Melansir berbagai sumber, berikut manfaat selengkapnya:

1. Sumber Karbohidrat Rendah Kalori

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bagus bagi tubuh serta memiliki kandungan nutrisi yang cukup padat. Meski begitu, kandungan kalori dalam jagung terbilang rendah sehingga cocok untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet.

Kalau dibandingkan dengan nasi putih, jagung hanya memiliki 140 kalori dalam setiap 100 gram. Sedangkan 100 gram nasi putih dinilai memiliki kalori sebanyak 175 kkal. 

2. Nasi Jagung Sehat Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

Selain rendah kalori, bahan makanan yang satu ini juga kaya akan serat yang dapat membantu tubuh melepas glukosa sebagai energi. Hal ini menyebabkan gula darah tidak langsung naik setelah mengonsumsi jagung. Maka itu, makanan yang satu ini juga dinilai aman dan salah satu pilihan sehat yang dapat dikonsumsi oleh pasien diabetes. 

Mengutip Hello Sehat, penelitian medis menilai bahwa makan jagung secara teratur dapat membantu tubuh mengontrol gula darah lebih baik. Dengan syarat, seseorang juga perlu mengimbanginya dengan mengontrol asupan makanan lain yang mengandung banyak gula.

3. Kaya Nutrisi

Tidak hanya serat, jagung juga kaya akan nutrisi yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh. Beberapa nutrisi yang terdapat dalam nasi jagung di antaranya adalah zat besi, vitamin A, vitamin B6, B1, B2, B3, asam folat, mangan, selenium, dan sebagainya. 

4. Bantu Cegah Anemia

Jagung kaya akan zat besi. Mengonsumsi nasi jagung secara teratur dalam jumlah tepat juga dapat melindungi tubuh dari anemia defisiensi zat besi. 

Tidak hanya itu, jagung juga kaya akan folat, yang tentunya dapat membantu tubuh terhindar dari risiko anemia karena dapat membantu tubuh menghasilkan sel darah merah. 

5. Bagus untuk Pencernaan

Serat tidak larut dalam jagung juga dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Mengonsumsi jagung juga dapat membantu mencegah tubuh dari risiko berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, wasir, hingga menurunkan risiko kanker usus besar. 

Artikel terkait: 5 Fakta Mi Aceh yang Kaya Rasa, Lengkap dengan Resepnya!

Resep Nasi Jagung Khas Madura yang Lezat dan Sehat

Foto: Cookpad

Bagi Parents yang tertarik mengonsumsi nasi jagung untuk mendapat berbagai manfaat yang ditawarkan, Anda ternyata bisa membuat olahan ini sendiri di rumah, lo.

Memiliki cita rasa khas dan tentunya lezat, berikut kami rangkum resep nasi jagung khas Madura ala Bunda Diyana Hung dari Cookpad:

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Nasi Jagung: 1 gelas beras jagung 1/2 gelas beras putih 1 gelas air untuk memasak beras Bahan untuk Urap: Sayuran sesuai selera 100 gram kelapa parut 1 ikat kacang panjang Sebungkus tauge

Foto: Detik Food

Bumbu Urap: 3 cabai merah keriting 2 cabai rawit 3 bawang merah dan 4 bawang putih 3 kemiri Kunyit secukupnya 1/2 sdt terasi Lauk Pelengkap Nasi Jagung: Ikan asin Ikan asin tipis-tipis Tempe goreng Oseng terong Sambal terasi Makanan pelengkap lainnya sesuai selera Cara Membuat Nasi Jagung: Campurkan beras putih dan beras jagung. Cuci bersih kemudian masak seperti nasi biasa. Bisa menggunakan rice cooker atau secara manual.  Blender bumbu urap hingga halus. Siapkan mangkok, tuangkan kelapa parut ke dalamnya. Setelah itu, masukkan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam mangkok tersebut. Kukus bumbu dan kelapa selama 15-20 menit hingga matang. Sisihkan. Rebus semua sayuran urap sesuai selera lalu sisihkan. Campurkan kelapa kukus dan sayuran kemudian aduk rata, kemudian sajikan dengan nasi jagung dan makanan pendamping lainnya.

Parents juga bisa menikmati nasi jagung tanpa dicampurkan atau dimasak dengan beras biasa untuk menghasilkan cita rasa yang lebih khas. 

Artikel terkait: Docang Cirebon, Kuliner Legendaris yang Disukai Wali Songo

Itulah manfaat nasi jagung beserta resep lezatnya. Jadi, tertarik untuk mencobanya di rumah, Parents?

***

 

Es Pisang Ijo, Uniknya Hidangan Pisang Berselimut Khas Makassar

Berbahan Dasar Singkong, Inilah Fakta Menarik Gethuk Camilan Khas Magelang

5 Fakta dan Resep Soto Banjar, Kuliner Khas Kalimantan Selatan yang Menggoyang Lidah

Sumber : theasianparent.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini