5 Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Mata, Pastikan Rutin Periksa ke Dokter

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


5 Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Mata, Pastikan Rutin Periksa ke Dokter

JAKARTA, INDONESIATODAY.CO.ID - Kebiasaan baik untuk kesehatan mata wajib dilakukan sejak dini. Sebab mata adalah salah satu aset penting pada tubuh kita yang harus dijaga dan mendapat perawatan khusus.

Baca Juga : 4 Cara Meluruskan Mata Juling Ini Bisa Dilakukan di Rumah

Menjaga kesehatan mata sangat penting terutama di tengah kesibukan yang mengharuskan untuk berlama-lama menatap layar laptop atau smartphone. Selain itu, seiring bertambahnya usia, sering pula terjadi penurunan fungsi pada mata.

Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/9/2022), sebelum terlanjur terjadi gangguan pada indera penglihatan, sebaiknya lakukan kebiasaan-kebiasaan berikut agar Anda juga selalu nyaman saat beraktivitas.

Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Mata

1. Konsumsi makanan bergizi

Konsumi makanan memang selalu mempengaruhi kesehatan berbagai macam organ tubuh Anda. Untuk menjaga kesehatan mata, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3.

Baca Juga : Terapi Mata Juling untuk Anak, Mudah Dilakukan

Beberapa nutrisi di atas diketahui dapat menangkal masalah mata terkait usia, misalnya katarak dan degenerasi makula. Nutrisi tersebut dapat diperoleh dari sayuran hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

2. Mengatur Pencahayaan dalam Ruangan

Beraktivitas dalam ruangan dengan pencahayaan yang baik dapat meningkatkan konsentrasi, produktivitas, dan semangat kerja ketimbang dalam ruangan remang-remang. Pencahayaan yang tidak sesuai dapat membuat mata menjadi lelah. Terlalu terang bisa membuat silau, sementara sinar yang terlalu keruh membuat penglihatan buram.

Baca Juga : Apa Itu Mata Malas? Kenali Gejalanya

Ada beberapa risiko lain yang mungkin terjadi apabila Anda beraktivitas atau suka membaca di ruangan gelap. Mata Anda bisa kering karena dalam cahaya redup mata jadi jarang berkedip. Mata kering bisa membuat penglihatan Anda jadi tidak nyaman.

3. Hindari Sinar UV

Sering heran melihat orang memakai kacamata hitam saat beraktivitas sehari-hari di luar ruangan? Justru itu adalah kebiasaan yang patut ditiru. Tak hanya kulit, mata juga perlu dilindungi dari efek berbahaya sinar ultraviolet. Hal ini karena mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet lebih berisiko mengalami katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, dan bahkan kanker mata.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memakai kacamata hitam saat beraktivitas di siang hari. Hal ini dilakukan agar Anda terlindungi dari sinar UVA dan UVB.

4. Hindari Asap Rokok

Meski Anda perokok pasif, sebaiknya Anda menjauhi sumber asap rokok. Kelainan pada mata seperti katarak dan degenerasi makula dapat disebabkan oleh asap rokok.

5. Rutin Memeriksa Mata ke Dokter

Pemeriksaan mata tidak hanya dilakukan ketika Anda sudah memiliki gangguan pada mata. Namun, hal ini perlu dijadikan kebiasaan dan dilakukan secara berkala. Pasalnya, pemeriksaan mata dapat membantu memantau seberapa baik kemampuan penglihatan Anda, serta mendeteksi adanya masalah mata sejak dini. Meski Anda tidak memiliki gejala atau keluhan apapun saat ini, pemeriksaan yang tepat bisa membantu Anda mengetahui adanya gangguan mata yang tidak bergejala.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Sumber : celebrities.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini