4 Kasus Kecelakaan Laut di Gunungkidul Tak Ditemukan Korbannya

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


4 Kasus Kecelakaan Laut di Gunungkidul Tak Ditemukan Korbannya Yogyakarta: Setidaknya ada lima orang yang hilang di laut selatan di wilayah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kelima orang tersebut sebagian besar merupakan nelayan.

"Yang hilang satu pengunjung dan empat nelayan. Hingga sekarang keempatnya tidak ditemukan," kata Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 1 DIY, Sunu Handoko, saat dihubungi, Senin, 19 September 2022.

  Baca: 4 Santri di Aceh Besar Hilang Terseret Arus saat Mandi di Sungai

Tak ditemukannya korban kecelakaan laut di laut selatan Jawa ini menunjukkan risiko hilangnya nyawa dan jasad korban cukup besar. Padahal, kata dia kasus tersebut baru yang ada di wilayah Pantai Sadeng, Kecamatan Girisubo.

Sunu mengatakan siapapun yang beraktivitas di pantai selatan, termasuk nelayan, harus menggunakan perangkat keselamatan diri. Setidaknya, alat itu bisa mengurangi risiko korban jiwa.

"Kalau petugas SAR sebatas melaukan pengawasan dan pencarian. Juga mengimbau saat di lapangan. Untuk keselatan diri perlu keterlibatan banyak pihak, termasuk yang beraktivitas di laut," jelasnya.

Menurut dia kasus kecelakaan yang korbannya tak bisa ditemukan harus jadi pelajaran bagi publik. Sunu mengatakan masyarakat yang berwisata di pantai selatan harus mematuhi peringatan petugas maupun rambu-rambu yang terpasang, termasuk agar tak nekat bermain di area berbahaya, termasuk nelayan.

"Untuk nelayan, pasti sudah bisa memantau situasi pakai hp. Jangan memaksa melaut kalau cuaca sedang tidak baik," ungkapnya.

Sumber : medcom.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Klik disini untuk mengikuti akun Google News kami agar Anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya.
Komentar
Berita Terkait
Terpopuler Hari Ini