3 Ribu Dosis Vaksin Rabies Selesai Disuntikkan, Dispernakan Kabupaten Bandung Barat Klaim Zero Kasus

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


3 Ribu Dosis Vaksin Rabies Selesai Disuntikkan, Dispernakan Kabupaten Bandung Barat Klaim Zero Kasus

BANDUNG BARAT, INDONESIATODAY.CO.ID - Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) Kabupaten Bandung Barat (KBB) rampung menyuntikkan 3 ribu dosis vaksin rabies ke sejumlah hewan yang jadi target vaksinasi.

Baca Juga : Lesti Kejora Diduga Alami Pergeseran Kerongkongan, Cek Bahaya yang Mengancam 

Pemberian vaksin itu dilakukan secara bertahap selama bulan ini, baik oleh petugas Dispernakan yang mobile terjun langsung ke masyarakat yang memiliki hewan peliharaan. Serta melalui klinik kesehatan hewan yang tersebar di beberapa kecamatan.

"Awalnya kami menyiapkan 2.000 dosis vaksin, tapi ada tambahan droping dari provinsi sebanyak 1.000 dosis jadi totalnya 3.000 dosis yang disuntikan ke hewan yang jadi sasaran vaksinasi rabies," kata Kabid Dinas Kesehatan Hewan (Dispernakan) Kabupaten Bandung Barat Wiwin Aprianti, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga : 10 Film India Legendaris Sepanjang Masa, dari Kuch Kuch Hota Hai hingga Bajrangi Bhaijaan

Dikatakannya, meskipun kasus rabies sudah tidak muncul di KBB namun antisipasi terhadap penyakit ini tetap harus dilakukan. Makanya untuk menyasar semua kalangan atau bagi mereka yang tidak sempat didatangi petugas, bisa mendatangi klinik kesehatan hewan terdekat untuk mendapatkan vaksin rabies.

"Setiap klinik kesehatan hewan kami drop 100 dosis vaksin, jadi masyarakat yang punya hewan peliharaan bisa datang agar hewan mereka divaksin rabies," katanya.

  Baca Juga : Menteri Airlangga Hartanto Resmi Buka IMX 2022: Bukti Modifikator Tanah Air Berkualitas

Disinggung apakah ada kendala di lapangan masyarakat menolak hewan peliharan mereka divaksin, Wiwin menyebutkan hal tersebut ada saja namun persentasenta tidak banyak. Pihaknya terus berupaya memberikan edukasi dan sosialisasi akan bahaya rabies dengan harapan masyarakat waspada. 

"Kendala ada saja, tapi sejauh ini cakupan vaksinasi di KBB sudah mencapai 80 persen dari total populasi dan itu sudah sangat bagus. Bahkan dalam dua tahun terakhir sudah zero kasus di KBB sehingga bisa dikatakan KBB sudah bebas rabies," tuturnya. 

Baca Juga : 5 Serial India yang Tayang di TV, Mahabhrata Paling Populer

Lebih lanjut dikatakannya, sasaran vaksinasi kepada hewan pembawa rabies (HPR), seperti kucing, anjing, dan hewan piaraan lainnya. Selain vaksin rabies ke hewan seperti kucing, anjing, kera, dan musang. 

Diberikan juga vaksin flu burung untuk hewan unggas seperti ayam, bebek, entog, burung, dan angsa.

Baca Juga : Bikin Jemaah Nyaman di Asrama Haji, Kementerian Agama Terapkan Skema Perhotelan

"Vaksinasi rabies dimaksudkan untuk menghindari munculnya kasus rabies di manusia akibat digigit hewan yang bisa menularkan. Meskipun kasusnya sudah jarang tapi tetap harus diantisipasi," katanya.

Editor : Johan Sompotan

Sumber : celebrities.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini