15 Ide pekerjaan freelance sebagai penghasilan tambahan tanpa skill khusus, bisa dikerjakan semua orang

Saturday, 18 May 2024
15 Ide pekerjaan freelance sebagai penghasilan tambahan tanpa skill khusus, bisa dikerjakan semua orang
15 Ide pekerjaan freelance sebagai penghasilan tambahan tanpa skill khusus, bisa dikerjakan semua orang


INDONESIATODAY.CO.ID - 
Di era digital ini, banyak orang mulai mencari pekerjaan freelance sebagai sumber penghasilan tambahan.


Namun, seringkali mereka merasa terhalang oleh kurangnya keterampilan khusus. Tapi jangan khawatir, ada banyak pekerjaan freelance yang bisa dilakukan oleh pemula tanpa perlu keterampilan khusus.


Berikut adalah 15 ide pekerjaan yang ada di situs Fastwok yang bisa kamu coba, dikutip dari YouTube Velysia Zhang pada 18 Mei 2024. 


1. Jasa Mengetik


Jika kamu memiliki kemampuan mengetik cepat dan akurat, kamu bisa menawarkan jasa pengetikan. Pekerjaan ini melibatkan pengetikan artikel, proposal, atau dokumen lainnya. Tarifnya bisa disesuaikan dengan jumlah halaman atau kompleksitas tugas.


2. Pembuatan subtitle video


Banyak konten kreator membutuhkan subtitle untuk video mereka. Kamu bisa menawarkan jasa pembuatan subtitle untuk YouTube, short video, atau long video. Harga bisa disesuaikan dengan durasi video dan bahasa yang digunakan.


3. Bantuan tugas sekolah


Jika kamu siswa teladan, kamu bisa menawarkan jasa pembuatan tugas untuk pelajar SMP, SMA, atau mahasiswa. Misalnya, membantu dengan tugas harian, makalah, atau proposal.


4. Data entry


Pekerjaan data entry melibatkan memasukkan data ke dalam sistem atau spreadsheet. Jika kamu paham rumus Excel, ini bisa menjadi nilai tambah. Harga jasa biasanya tergantung pada volume dan kompleksitas data.


5. Pembuatan kuisioner atau survei


Untuk penelitian atau tesis, banyak yang membutuhkan jasa pembuatan kuisioner atau survei. Kamu bisa menawarkan pembuatan kuisioner online melalui Google Forms atau Microsoft Forms.


6. Jasa curhat


pekerjaan ini unik dan cocok bagi kamu yang pandai mendengarkan. Kamu bisa menawarkan jasa curhat, memberikan saran, atau sekadar menjadi teman bicara lewat chat atau telepon.


7. Verbatim transcription


Transkripsi verbatim adalah mengubah audio atau video menjadi teks. Ini bisa termasuk pidato, wawancara, atau podcast. Harga bisa berdasarkan durasi audio atau video.


8. Desain grafis


Jika kamu memiliki minat di bidang desain, kamu bisa memanfaatkan tools seperti Canva untuk membuat desain infografis, logo, flyer, atau brosur. Kreativitas adalah kunci di sini.


9. Admin media sosial atau toko online


Sebagai admin, tugas kamu meliputi membalas chat customer, memproses order, dan membuat laporan. Ini bisa menjadi pekerjaan harian, mingguan, atau bulanan dengan harga yang bervariasi.


10. Pemberian rating atau review


Banyak toko online membutuhkan rating dan review positif. Kamu bisa menawarkan jasa ini di platform seperti Shopee, Lazada, atau Google Bisnis.


11. Endorsement


Jika kamu memiliki banyak pengikut di Instagram atau TikTok, kamu bisa menawarkan jasa endorsement. Harga bisa berdasarkan jumlah postingan atau engagement yang kamu tawarkan.


12. User Generated Content (UGC)


Sebagai kreator, kamu bisa membuat konten video atau foto untuk brand tanpa perlu memposting di akun media sosialmu sendiri. Brand akan mengunggahnya di akun mereka.


13. Penulisan artikel SEO


Menulis artikel SEO-friendly membutuhkan pengetahuan dasar tentang optimasi mesin pencari. Artikel harus memuat kata kunci tertentu dan dioptimasi dengan baik.


14. Content plan media sosial


Kamu bisa membantu bisnis menyusun content plan untuk media sosial mereka, termasuk membuat caption yang menarik dan sesuai dengan brand.


15. Voice over


jika kamu memiliki suara yang bagus dan kemampuan berbicara dengan jelas, kamu bisa menawarkan jasa voice over untuk berbagai proyek, baik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.


Pekerjaan freelance memberikan fleksibilitas waktu dan tempat. Kamu bisa bekerja dari mana saja dan kapan saja, selama ada internet. Selain itu, ini adalah kesempatan untuk mengasah keterampilan baru dan membangun portofolio.***


Sumber: hops

BERIKUTNYA

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini