10 Manfaat Kartu Kredit yang Perlu Parents Tahu, Tak Selalu Berisiko!

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


10 Manfaat Kartu Kredit yang Perlu Parents Tahu, Tak Selalu Berisiko!

Bicara soal kartu kredit, agaknya banyak yang bilang jika ini merupakan salah satu jenis transaksi yang memudahkan tetapi punya risiko tinggi. Namun, jika digunakan secara bijak dan mawas diri, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari salah satu produk finansial ini.

Mengutip laman Bank Indonesia, kartu kredit sendiri merupakan alat pembayaran dengan menggunakan kartu atau APMK. Alat pembayaran ini biasa digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi. Di dalamnya termasuk transaksi untuk belanja dan melakukan penarikan tunai. 

Kartu ini merupakan alat pembayaran nontunai yang transaksinya menjadi tanggungan bank terlebih dulu. Artinya, Anda akan berutang terlebih dulu pada bank untuk kemudian wajib melunasi dengan sistem cicilan.

Jumlah transaksi pun bisa dibatasi oleh bank, atau yang kerap disebut dengan limit kartu. Maka itu, sebagai pengguna, kita perlu bijak memanfaatkan produk ini agar jumlah transaksi tidak melebihi limit dan bisa membayar cicilannya kemudian hari.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari layanan ini? Melansir berbagai sumber, yuk langsung simak saja ulasan selengkapnya sebagai berikut!

Artikel terkait: 6 Tips Pengelolaan Keuangan Jika Parents Harus Menghadapi Perceraian Manfaat Kartu Kredit yang Perlu Diketahui dan Dipahami 1. Pemakaian yang Praktis

Sama seperti kartu debit atau ATM, pemakaian kartu kredit juga terbilang praktis dan mudah. Bedanya, pemakaian kartu debit akan membuat saldo di rekening Anda langsung terpotong saat transaksi. Serta, Anda hanya bisa transaksi apabila memiliki saldo mencukupi.

Sedangkan dalam sistem kredit, transaksi dilakukan dengan cara utang. Artinya, pembayaran bisa dilakukan di belakang ketika melunasi cicilan kartu. 

2. Memudahkan Transaksi Belanja Luar Negeri

Merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih kartu ini. Dengan layanan kredit, Anda akan diberikan kemudahan untuk transaksi luar negeri. Baik belanja online di situs luar negeri, atau pun melakukan transaksi ketika sedang bepergian ke banyak negara.

Jadi, Parents tidak perlu repot menukar mata uang terlebih dulu saat berada di luar Indonesia, tinggal transaksi menggunakan kartu yang sudah memiliki label Visa dan Mastercard yang bisa digunakan secara internasional.

3. Kartu Kredit Memudahkan Belanja dan Langganan Online

Jenis kartu ini juga bisa memudahkan Anda dalam belanja online. Saat membayar, Anda tidak perlu jauh-jauh ke ATM terlebih dulu untuk transfer. Tinggal melengkapi identitas diri, nomor kartu, kode Card Verification Code (CVC), dan masa kadaluwarsa kartu, maka Anda sudah bisa membayar transaksi online dengan praktis. 

Tak hanya belanja online, Anda juga bisa menikmati layanan langganan berbayar atau subscription dari beragam situs hiburan seperti Netflix, Youtube Premium, Spotify, dan lainnya secara mudah. Tak hanya itu, biasanya biaya langganan menggunakan kartu ini juga cenderung lebih murah daripada jenis pembayaran lainnya, loh. 

4. Bisa Digunakan dalam Keadaan Darurat

Penggunaan produk kredit serupa dengan utang. Apabila Anda punya keperluan mendesak dan tidak memiliki uang simpanan, maka layanan kredit ini bisa digunakan. Meski begitu, pastikan penggunaannya tidak melebihi limit yang tersedia, ya. Serta, gunakan fasilitas ini secara bijaksana agar tidak repot membayar tagihannya.

5. Bisa Melacak Pengeluaran

Sama seperti debit, penggunaan kredit juga memudahkan nasabah untuk melacar pengeluarannya. Anda akan mendapat catatan transaksi dalam lembar tagihan secara rutin, biasanya per bulan, sehingga pengeluaran finansial jadi lebih terlacak. 

Artikel terkait: 4 Pertimbangan Menentukan Gaji Asisten Rumah Tangga 6. Pengguna Kartu Kredit Jadi Punya Gambaran tentang Anggaran Pengeluaran

Nah, karena pengeluaran bisa terlacak, maka hal ini juga bisa membantu para pengguna kredit untuk membuat anggaran pengeluaran rutin.

Parents bisa mencatat transaksi keluar-masuk setiap bulannya. Sehingga, ini bisa menjadi gambaran agar ke depannya Anda bisa merencanakan anggaran finansial. Mana yang perlu dibelanjakan, serta mana yang perlu disimpan untuk investasi atau keadaan darurat. 

7. Memudahkan Membayar Tagihan

Agaknya sangat repot, ya, kalau kita harus bayar telepon, air, listrik, Wifi, dan tagihan lain di tempat berbeda. Supaya tidak pusing, melalui kartu kredit juga Anda bisa membayar tagihan tersebut melalui satu pintu atau secara berbarengan. 

Anda bisa membayar semua tagihan lewat satu kartu saja saja. Selain lebih praktis, pembayaran dengan layanan ini juga membuat penggunanya terhindar dari terlambat bayar.

8. Banyak Promo dan Penawaran Menarik

Menggunakan kartu kredit juga biasanya Anda akan ditawarkan beragam promo dan rewards menarik. Dari mulai promo atau diskon belanja, travel, makan, dan sebagainya. Ada juga rewards atau hadiah berupa poin yang bisa ditukarkan.

9. Cicilan Nol Persen

Mengutip laman Lifepal, rata-rata kartu kredit menerapkan bunga 2,25 persen untuk transaksi. Namun, ada juga transaksi yang tidak memberlakukan bunga alias cicilan 0 persen. Hal ini pun bisa membuat pengeluaran Anda lebih hemat. 

10. Transaksi dengan Kartu Kredit Relatif Aman

Transaksi menggunakan kredit juga keamanannya sudah terjamin. Jika kartu hilang atau dicuri, maka Anda bisa langsung memblokirnya.

Tak hanya itu, jika ada transaksi mencurigakan dari kartu kredit Anda, maka biasanya petugas bank akan menghubungi Anda untuk mengonfirmasi terkait transaksi tersebut untuk mencegah kemungkinan adanya penyalahgunaan kartu. 

Risiko Kartu Kredit yang Perlu Diwaspadai

Meski menawarkan banyak manfaat, tentunya penggunaan kredit juga memiliki risiko tersediri. Terlebih, jika Anda tidak menggunakannya secara bijaksana. Mengutip Lifepal, berikut merupakan risiko dari penggunaan kartu kredit yang perlu diwaspadai dan dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan menggunakannya:

Syarat pengajuannya terbilang rumit dan ketat Kemudahan yang ditawarkan bisa saja menimbulkan perilaku atau kebiasaan berutang apabila penggunanya tidak bijaksana saat menggunakan Transaksi serba mudah berisiko menimbulkan perilaku konsumtif Jika cicilan tagihan telat dibayar, maka akan terkena denda yang cukup tinggi. Terlebih, jika transaksinya menggunakan jenis kartu yang memiliki bunga cenderung tinggi Kartu kredit memiliki biaya tahunan atau annual fee yang tidak sedikit, tergantung limit kartu yang dimiliki. Ini juga bisa masuk ke dalam iuran yang wajib dibayarkan selain cicilan dari transaksi kartu yang dilakukan Artikel terkait: 4 Cara Ajarkan Konsep Uang pada Anak, Bantu Anak Cerdas Kelola Keuangan!

Nah, itulah beberapa manfaat kartu kredit yang bisa Parents dapatkan serta risikonya. Jadi, apabila tertarik menggunakan layanan ini, jangan lupa sesuaikan dengan kondisi finansial Anda dan bijaksanalah dalam menggunakannya, ya.

Semoga bermanfaat!

***

 

Mau Menggandakan Uang? Begini 5 Cara Investasi yang Sehat Efisien!

Ingin Coba Investasi, tapi Gaji Kecil? Intip 5 Cara Mengatur Keuangan Berikut Ini

Ini Keistimewaan yang Anda Dapatkan Kalau Memegang Black Card

Sumber : theasianparent.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini