Habib Jafar Sindir Akhlak Agama Desta, Netizen: Habib Jujur Banget

  • Bagikan

INDONESIATODAY.CO.ID -Habib Husein Jafar Al Hadar yang biasa disapa Habib Jafar belakangan ini digemari para kawula muda. Pasalnya, isi dakwah Habib kelahiran Bondowoso pada 21 Juni 1988 ini, sangat mengena ke hati anak muda. Dengan gaya penampilan serta guyonan yang sesuai dengan selera anak muda, Habib Jafar diterima baik oleh kalangan mereka.

Baru-baru ini, Habib Jafar menjadi bintang tamu dalam acara Tonight Show bersama Desta, Vincent Rompies, Enzy Storia, dan Hesti Purwadinata. Dalam acara tersebut, Habib Jafar bertausiyah mengenai pentingnya wali dalam sebuah pernikahan. Yang mengejutkan publik adalah detik-detik saat Habib memberi contoh Desta sebagai sosok laki-laki yang akhlak agamanya bobrok.

Seperti dikutip dari video short pada kanal YouTube Haji Andri Komedi beberapa waktu yang lalu, Habib Jafar menuturkan, seharusnya saat anak berbicara soal calon pasangan ke orangtua tidak dengan rasional, tapi dengan emosional.

"Pak, Bu, daripada nanti saya nyari lagi, susah lagi, ini jelas lho," Habib memberi contoh percakapan.

"Orangtua pasti luluh," tambahnya.

Dalam penjelasannya, di zaman sekarang bukan saatnya lagi orangtua menjodohkan anaknya dengan calon pasangan yang dipilih orangtua. Seyogyanya, anak sendiri yang memilih calon pasangannya, lalu dibawa ke hadapan orangtuanya untuk meminta restu. 

"Kenapa? Karena mereka hidup di zamannya dan pakai standar zamannya. Kata Sayyidina Ali, 'Didiklah anakmu sesuai dengan zaman anakmu. Bukan zamanmu karena ia akan hidup di zamannya, bukan di zamanmu'," sambung Habib.

Lebih lanjut Habib menerangkan kriteria dalam mencari jodoh. Salah satunya, agama dan profesi. Dalam kesempatan tersebut, Habib mencontohkan seorang anak perempuan yang datang membawa calon pasangannya ke orangtua untuk meminta restu.

"Kecuali, anaknya yang misalnya perempuan nih, 'Pak, saya mau menikah dengan laki-laki pilihan saya.' Si bapak tanya, 'Siapa laki-lakinya?' (Si anak jawab), 'Ada, Pak, namanya Desta.' (Bapaknya menyahut) 'Tidak'."

Tampak Vincent Rompies, Enzy Storia, dan Hesti Purwadinata tertawa terpingkal-pingkal, sementara Desta diam seribu bahasa dengan raut muka tegang.

"'Kenapa?' (tanya si anak) 'Karena pertimbangannya adalah agama. Nah, kalau agamanya dia bobrok, misal, ini misal, nama Desta di dunia ini kan banyak," lanjut Habib. 

Netizen pun dalam mengomentari video short ini seolah mengamini perumpamaan yang disampaikan Habib Jafar. 

"Asli, Habib jujur banget," tulis Nadya***.

"Habib menghayati banget ngasih perumpamaan," timpal Edy***.

"Kaget Desta, antara ingin marah atau malu. Kok bisa pas Habib kasih contohnya?" sahut Lesta*** tak habis pikir.

Sumber: suara

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan