Pelajaran dari Kisah Hidup Kurnia Meiga, Tanpa Adanya 4 Hal Ini Kita Bisa Miskin!

  • Bagikan

Kisah pilu kini tengah dialami eks kiper andalan Timnas Indonesia, Kurnia Meiga Hermansyah. Ia terpaksa menjual semua medali prestasinya terdahulu untuk pengobatan karena sakit mata yang diderita sejak tahun 2017. 

Sangat miris tentu jika kita mengingat bagaimana Kurnia dulu membanggakan Indonesia di kancah internasional. Namun kini, ia harus hidup susah dan merelakan medali kebanggaan untuk kesembuhan dirinya sendiri. 

Semestinya, ia bisa mengikuti jejak atlet-atlet sepakbola lain yang sukses di dunia bisnis atau investasi masa depan. 

Kurnia Meiga Hermansyah/ Foto: Suhaimi Abdullah/Getty Images

Setelah memperkuat Arema FC sejak 2008 silam dan mengantarnya klub bola tersebut jadi Liga Indonesia, Kurnia Meiga akhirnya dipensiunkan pada 2019. Selain itu, rumah Kurnia pun jadi korban bencana alam dan rusak. 

Belajar dari kisah hidup Kurnia Meiga, pondasi keuangan sangatlah penting untuk kita miliki. Karena tanpa pondasi keuangan yang baik, tabungan bisa terkuras begitu saja, apalagi saat terkena musibah. 

Lantas, bagaimana cara membangun pondasi keuangan yang kuat? 4 hal penting ini wajib kamu miliki!

1. Miliki Dana Darurat Sesuai dengan Batal Ideal

Hal pertama yang perlu dimiliki adalah dana darurat. Uang di dana darurat ini dipersiapkan untuk mengantisipasi hal mendesak, termasuk yang berkaitan dengan kehilangan penghasilan. 

Jika kamu memiliki pekerjaan yang tidak tetap, seperti freelance, artis, musisi, pengusaha, jumlah dana darurat yang dibutuhkan tentu tidak sama dengan karyawan.

Disarankan, kamu memiliki dana darurat setara minimal 12 kali pengeluaran bulanan. Untuk karyawan, dana darurat yang ideal adalah tiga kali pengeluaran bulanan dan enam kali pengeluaran bulanan untuk yang sudah memiliki tanggungan. 

Baca Juga : Enzy Storia dan Molen Kasetra Resmi Menikah, Berapa Jumlah Harta Kekayaannya Kalau Digabung?
2. Asuransi Kesehatan Setelah Punya Dana Darurat
Ilustrasi dirawat/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Asuransi kesehatan ada dua, yakni dari pemerintah dan pihak swasta. Kalau kamu merasa cukup mahal membayar premi asuransi swasta, maka asuransi dari pemerintah bisa jadi solusi karena lebih terjangkau. 

Tentu, tujuan memiliki asuransi kesehatan adalah agar tabungan yang kamu miliki tidak tergerus saat kamu harus berobat karena sakit. Biaya berobat yang mahal bisa ter-cover dengan asuransi, sehingga kamu tak perlu menjual aset berharga demi pengobatan. 

Selain kedua hal di atas, baca selengkapnya di sini. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Pilihan Redaksi
Nggak Pake Ribet, Lakukan Rutin 6 Cara Ampuh untuk Empaskan Perut Buncit Ini Yuk, Beauties!Kenali 5 Tanda yang Menjadi 'Sinyal' pada Tubuh, Saat Kamu Terlalu Banyak Konsumsi GulaSelain Jadi 'Pembakar Lemak', Ketahui 6 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Jus Jeruk Segar untuk Tubuh

Sumber: beautynesia.id

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan